Friday, December 19, 2008

Teknik dan Tips Stek Nepenthes

Teknik stek yang akan saya terangkan disini adalah teknik untuk pemula. Oleh karena itu apabila ada pembaca yang mempunyai pengalaman harap berbagi ya…
Baiklah, untuk stek nepenthes bahan yang perlu kita siapkan cukup sederhana:
1. Pisau yang steril
2. Media tanam (berikut potnya)
3. Plastik bungkus es (ukuan disesuaikan dengan ukuran pot)
4. Fungisida dan perangsang akar (opsional)


Berikut adalah cara stek yang paling mudah:

1. Langkah pertama tentunya berdoa kepada Allah, karena Segala sesuatu yang hidup di dunia ini atas izin-Nya. Termasuk Nepenthes yang akan anda tanam.
2. Pilihlah tanaman yang telah dewasa yang berumur sekitar 1 tahun. Sebaiknya panjang batang sudah mencapai minimum 1 meter.
Tips: Sebaiknya pilih batang yang masih berwarna hijau. Apabila batang sudah berwarna kecoklatan maka dinding/kulit batang nepenthes sudah keras dan lama tunasnya atau bahkan bisa tidak tunas-tunas akibat membusuk, dll.
3. Potong batangnya dengan menyisakan minimum dua ruas daun (dua mata tunas), lalu potong setengah helai daun untuk mengurangi penguapan. Dan potonglah daun paling ujung hingga pangkalnya untuk mempermudah ujung pangkal setek masuk ke dalam media tanam. lihat Gambar no. 2 lingkaran no 1.
4. Olesi fungisida pada luka bagian atas dan hormon perangsang akar pada luka bagian bawah.
5. Tanamlah batang setek pada pada gelas plastik berukuran diameter 9 cm dengan tinggi 13 cm yang dasar dindingnya telah dilubangi.
6. Gunakan media tanam sphagnum moss atau moss hijau yang biasa dipakai untuk merangkai bunga untuk mengurangi dehidrasi sebab media ini bisa menahan kelembaban air dan menyerap kelebihan air. selain itu sphagnum moss karena habitat aslinya berasal tanah tepi rawa gambut yang asam dengan PH 5. (moss semacam lumut yang banyak didapati di atas akar pohon kelapa atau di tempat-tempat lembab)
7. Sungkup tanaman dengan plastik yang biasanya digunakan untuk bungkus gula pasir (di pasaran dikenal dengan sebutan plastik es). Penyungkupan ini dimaksudkan untuk mengurangi penguapan, jadi Stek tidak banyak membuang energi yang tidak perlu.
8. Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi tetapi tetap mendapat sinar matahari dengan intensitas cahaya matahari berkisar 25% dengan kelembapan udara 70-80%. Anda bisa menggunakan paranet untuk mengatur jumlah sinar yang masuk.
9. Setelah memilki 3-4 daun, kita dapat memindahkan tanaman ke pot berdiameter 10-15 cm dengan menambahkan humus, kompos, atau moss. Setelah itu letakkanlah dalam intensitas cahaya 50%.
Biasanya Tunas daun akan tumbuh dalam waktu 2-4 minggu dan akan mulai berakar setelah 1-2 bulan, dan mencapai ukuran dewasa setelah 6 bulan.
Tips:
- Buatlah sayatan kecil di stek bagian bawah tentunya untuk mempercepat keluarnya akar.
- Jangan potong batang mendekati ruas tumbuhnya daun sebab mata tunas nantinya akan tumbuh tidak tepat di ruas daunnya seperti tanaman aglaonema, tapi sekitar satu centi di atas ruas daun untuk nepenthes dewasa. Lihat lingkaran pada Gambar di bawah.


- Pada dasarnya Nepenthes tidak begitu membutuhkan pupuk, jadi tidak begitu memerlukan hormon tambahan untuk merangsang perakaran. Namun untuk beberapa spesies, hormon dapat membantu mempercepat perakaran. Kelebihan hormon dapat menyebabkan stek menjadi busuk. Saran saya, kalau mau aman cukup rendam Vitamin B1 sekitar 1 menit kemudian di oleskan fungisida pada stekan.
- Untuk media tanam, jika ditempat anda tidak menemukan spaghnum moss atau lumut, media yang bisa digunakan antara lain sekam bakar, humus bambu dan cocopeat.
- Jika anda melakukan stek lebih dari satu jenis, biasanya tumbuhnya tunas baru tidak setentak sebab beberapa jenis nepenthes ada yang cepat pertumbuhannya ada pula yang lambat. Jadi harap bersabar, jangan sering dicabut karena anda mengira stek anda tidak berhasil. Namun apabila setelah satu bulan tidak ada tanda-tanda akan tumbuh silahkan anda cek, apabila memang mongering atau membusuk buang saja untuk menghemat energi anda tentunya.

Saya mendoakan anda berhasil menanam Nepenthes, Kalau anda berminat
untuk belajar memelihara tanaman ini namun kesulitan mendapatkan nepentes di toko tanaman hias/nursery, anda tak perlu kuatir, kami menyediakan bibit stek nepenthes yang sudah bertunas (bertunasnya di Jakarta), jadi sudah beradaptasi dengan ganasnya ibu kota. Soal harga? tak perlu kuatir cuma rp 20.000/ Batang untuk jenis apapun. Hubungi saja no 081317719444. Bagi para pembaca yang berminat, saya batasi 5 batang saja agar yang laen kebagian.

1 comment: