Thursday, December 18, 2008

Keunikan Kantong Semar

Pada dasarnya semua tumbuhan ciptaan Allah itu indah. Banyak alasan mengapa manusia memilih tumbuhan tertentu layak dijadikan sebagai tanaman hias, diantaranya karena bentuk, sifat dan kelangkaan. Tampaknya Nepenthes mempunyai dua daya tarik utama yang membuat tanaman ini sangat layak dijadikan tenaman hias, yakni selain sangat unik tumbuhan ini termasuk tumbuhan langka dan dilindungi. Kategori langka dan dilindungi akan membuat lebih ber-prestise daripada tanaman yang mudah dijumpai. Pengalaman pribadi saya, hampir setiap orang dewasa yang melihat Nepenthes milik saya pasti bertanya tanaman ini. Wawancara bisa berlangsung rata-rata 5-10 menit! (5 menit untuk orang awam dan 10 menit untuk pecinta tanaman hias.
Bagi orang awam dalam hal Nepenthes, mengira Nepenthes adalah bunga, adapula yang beranggapan kantongnya merupakan perubahan bentuk dari ujung daun. Saya sendiri beranggapan yang kedua. Namun sebenarnya kantong pada Nepenthes itu sendiri adalah daun Sedangkan yang tampak seperti daun sebenarnya adalah tangkai daun yang melebar seperti tangkai daun pada tanaman akasia.
Biasanya, setiap jenis nepenthes memiliki setidaknya dua bentuk kantung, yakni kantung bawah, dan kantung atas. Bentuk kantung ini diberi nama berdasarkan letak kantung di tanaman. Pada beberapa jenis nepenthes, mereka memiliki bentuk kantung peralihan antara bentuk kantung bawah dan bentuk kantung atas. Sedangkan pada beberapa jenis lainnya seperti N. ampullaria dan N. pectinata, biasanya tidak membentuk kantung atas.
Untuk membedakan antar spesies nepenthes, warna dan corak kantung umumnya tidak digunakan. Spesies nepenthes biasanya berdasarkan pada perbedaan bentuk kantung, daun, batang dan bunganya. Karena umumnya nepenthes memiliki bentuk kantung bawah dan kantung atas yang berbeda, karenanya, banyak sekali terjadi kesalahan identifikasi spesies.
Apabila tumbuhan ini dika
tagorikan tanaman hias, mungkin bisa dikatagorikan sebagai tanaman hias daun, sebab keunikan atau daya tarik tumbuhan ini terletak pada daunnya (kantong) yang memiliki fungsi menjadi perangkap serangga atau binatang kecil lainnya. Adapun bunganya sendiri berpenampilan sederhana. dengan empat kelopak tanpa mahkota dan terangkai memutar dalam satu tandan mirip seperti setandan pisang (ukurannya mini tentunya).Ukuran masing-masing bunga biasanya tak lebih dari 1 cm diameternya. Karena nepenthes berumah dua maka masing-masing tanaman hanya memiliki bunga jantan atau bunga betina saja. Bunga biasanya baru muncul pada saat tanaman telah tumbuh menjalar dan telah membentuk kantung atas. Pada tanaman muda, jenis kelamin tanaman tak dapat dibedakan berdasarkan morfologi tanaman.
Kantong semar bertambah unik dengan kemampuannya yang dapat menangkap serangga yang dijadikan nutrisi utama untuk tanaman ini. Bagaimana kantong ini dapat menangkap (lebih tepatnya menjebak) serangga? Pada Bentuk Bibir lubang kantung biasanya berwarna kemerahan serta mampu menebarkan aroma manis (semacam nektar). Binatang penyuka menu bercitarasa manis dan beraroma busuk adalah sasaran empuk bagi Nephentes, semisal semut dan lalat ataupun hewan-hewan lain yang berseliweran di habitat sekitar nepenthes agar mau mampir dan tercebur ke kantong2 mereka. Hewan2 yang tercebur tidak membuat kantung membusuk, namun malah dicerna oleh tanaman. Hal itu disebabkan karena kantong memiliki system layaknya lambung manusia, setelah hewan tercebur, Cairan asam yang bernama proteolase. Dihasilkan oleh kelenjar di permukaan kantung bawah. Tubuh mangsa naas itu kemudian diolah menjadi garam Posphat dan nitrat. Sari hewan tersebut digunakan nepenthes untuk tumbuh subur walaupun area hidupnya sangat miskin unsur hara, karena itulah Nepenthes digolongkan sebagai tanaman pemakan serangga atau tanaman karnivora.
Tidak semua jenis Nepenthes memiliki mangsa favorit yang sama. Semut adalah menu kesukaan bagi N. mirabilis. Species kantung semar N. albomarginata adalah pemburu sepesialis rayap. Ada pula species katung semar yang “vegetarian” alias tak suka menyantap daging. Yaitu N. ampullaria. Kantung semar yang satu ini suka melalap guguran dedaunan dari tumbuhan yang berada di atasnya. Sedangkan N. lowii adalah kantung semar yang bermenu favorit kotoran burung.
Jadi bagi anda yang mau memelihara Nepenthes tidak perlu repot-repot maintain dengan pupuk ini-itu. Cukup kasi bangkai semut aja seperlunya.

0 comments:

Post a Comment