Friday, December 12, 2008

Selayang Pandang tentang Nepenthes


Spesies kantong semar dunia paling banyak terdapat di Indonesia yang tersebar di hampir seluruh wilayah nusantara. Oleh karena itu, kantong semar memiliki banyak sebutan sesuai dengan daerah asal masing-masing, bahkan istilah bahasa inggrisnya pun ada, yakni Monkey cup (cangkir kera) dengan nama umum adalah Tropical pitcher plant sedangkan nama ilmiahnya adalah Nepenthes Sp. Adapun nama populer di pulau Jawa adalah kantong semar, nama ini mungkin diambil dari bentuk perut buncit dari Semar, tokoh pewayangan Jawa. Adapun nama populer dari pulau sumatera adalah Ketakung dan Periuk Monyet.

Nama alias paling banyak untuk Nepenthes tentulah dari Kalimantan dan Sumatera, kenapa? Karena Selain di kedua pulau ini terdapat banyak suku dan bahasa, spesies Nepenthes paling banyak ditemui di kedua pulau ini. Dari 103 spesies kantong semar di dunia yang sudah dipublikasikan 64 jenis yang hidup di Indonesia dengan rincian pulau Kalimantan memiliki 32 spesies (termasuk Sabah, Sarawak dan Brunei) dan Sumatera memiliki 29 Spesies. Sisanya terdapat di pulau Jawa, Sulawesi, Maluku hingga Papua.
Nepenthes termasuk dalam golongan tumbuhan liana (merambat) ditanah ataupun di ranting-ranting pohon,berumah dua, serta bunga jantan dan betina terpisah pada individu yang berbeda. Hidup di tanah (terrestrial), ada juga yang menempel pada batang atau ranting pohon lain (epifit). Karenanya tumbuhan ini digolongkan sebagai tanaman karnivora (carnivorous plant), selain Venus Flytrap (Dionaea muscipula), sundews (Droseraceae) dan beberapa jenis lainnya. Tanaman karnivora umumnya hidup pada tanah miskin hara, khususnya nitrogen, seperti kawasan kerangas.
Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah dan tinggi. Itulah sebabnya, dapat dibudidayakan di Jepang dan Eropa. Menurut Arief B. Witarto, peneliti bioteknologi LIPI, di Jepang kantong semar telah dibudidayakan sebagai produk tanaman hias. "Harga satu pot mencapai seribu yen (sekitar Rp 80 ribu)."

Kalsifikasi Ilmiah Nepenthes
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nepenthaceae
Genus: Nepenthes

Pustaka:
1. Kantong Semar (Nepenthes sp.) Di Hutan Sumatera, Tanaman Unik Yang Semakin Langka Oleh Fatahul Azwar dkk.).
2. Buku Petunjuk Praktis perawatan Nepenthes Oleh Frankie Handoyo dan Maloedyn Sitanggang (Hal. 15) Terbitan Agromedia Pustaka.
3. Selayang Pandang tentang Kantong Semar, Arsip Flora. http://pesanantar.wordpress.com/2007/03/17/nepenthes/

1 comment: